Selasa, 24 November 2009

Lambang Gerakan Pramuka

*.Lambang Gerakan Pramuka.
Pengertian lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal yang mengkiaskan sifat,keadaan,nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap Anggota Gerakan Pramuka yang dicicitakan oleh Gerakan Pramuka,Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soenardjo Atmodipuro,seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian.
Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 agustus 1961,Pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugrahkan kepada Gerakan Pramuka.

*Bentuk Dan arti kiasan.
1.Bentuk lambang gerakan Pramuka adalah gambar bayangan (Silhouelte) Tunas Kelapa.
2.Arti kiasan adalah buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan Cikal dan istilah Cikal-bakal diIndonesia berarti “Penduduk Asli yaang pertama yang menurunkan generasi baru”.Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiasakan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kalangsungan hidup bangsa Indonesia.
Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keaadaan bagaimana pun juga jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah seorang yang Rohani dan Jasmaniah sehat,kuat dan ulet,serta menghadapi segala tantangan hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia,Nyiur dapat tumbuh dimana saja,yang membuktikan besar daya upaya dalam menyeusuaikan diri dengan keadan di sekelilingnya.Jadi mengkiasakan bahwa tiap pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadan bagaimanapun juga.
Nyiur tumbuh menjulang keaatas dan merupakan salah satu pohon tertingi DiIndonesia .
Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus,yang mulia dan jujur ia tetap tegak tidak mudah di ombang ambing oleh sesuatu.
Akar nyiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah.
Jadi mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar dan landasan-landasan yang baik ,dan benar-benar kuat serta nyata ialah tekad dan kebijakan yang diperoleh untuk mencapai cita-citanya.
Nyiur adalah pohon yang serbaguna dari ujung atas hingga akar.
Jadi mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada tanah air bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).








angga_scout_natuna@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Motor Ajudan Pribadi Ku

Motor Ajudan Pribadi Ku