Kamis, 08 April 2010

Tentang Reset Password Facebook yang Di Heacker

Tentang Reset Password

Reset password dilakukan untuk mendapatkan kembali password yang lupa, dalam contoh ini lupa password facebook. Biasanya setiap situs komunitas menyediakan menu reset password, hal ini penting jika suatu waktu para anggotanya lupa passwordnya sendiri. Artikel ini saya tulis untuk memperbaiki artikel sebelumnya lupa password facebook, dalam komentar artikel tersebut beberapa teman merasa kesulitan untuk melakukan reset password facebook. Ternyata artikel tersebut sudah tidak relevan lagi karena facebook sudah melakukan perubahan terhadap reset password. Jadi semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman2 pesbuker yg kesulitan mereset password facebook.

Cara Mereset Password Facebook

Okey langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut:

Dari browser buka http://www.facebook.com
Arahkan kursor ke atas kanan, lalu klik pada Lupa kata sandi Anda?, hingga muncul seperti tampilan berikut:
Gambar 1: Form Reset Password Facebook

Perhatikan gambar diatas, pada Pemeriksaan Keamanan, Masukkan kedua kata di bawahnya, pisahkan dengan spasi. Jika Anda tidak bisa membaca kata-kata tersebut klik pada Coba kata yang lain atau captcha suara.
Selanjutnya tuliskan email yang Anda pakai pada pagian Email, pada langkah ini team facebook akan mengirimkan email ke inbox anda yang berisi kode konfirmasi. Tapi itu nanti…lanjutkan saja dulu.
Langkah terakhir klik tombol Atur Ulang Kata Sandi. Jika berhasil (kode Pemeriksaan Keamanan) benar akan tampil seperti gambar berikut:


Gambar 2: Anda Perlu Kode Reset Konfirmasi, Lihat di Email

Tugas anda selanjutnya adalah buka email dan lihat di kotak masuk (inbox), pada waktu saya coba ternyata emailnya butuh 1 (satu) hari baru sampai ke inbox gmail saya. Waktu sampainya mungkin akan berbeda-bedan antar Anda dengan teman-teman pesbuker lainnya. (jika tidak ketemu coba baca bagian akhir artikel ini)
Sudah dapat email konfirmasi dari facebook? Jika sudah kita lanjutkan, buka email tersebut dan cari kode reset konfirmasi, copy dan paste kehalaman/gambar 2 diatas. (Lalu jika ternyata email tersebut sampai 1 hari berikutnya atau halaman pada Gambar 2 diatas tanpa sengaja tertutup coba baca bagian akhir tulisan ini).
Jika yakin sudah benar klik tombol Kirim.
Selesai.

Bro…email konfirmasi mengubah ulang kata sandi facebook tidak ada di inbox saya, gimana dong?


Banyak sekali teman-teman pesbuker yang menanyakan masalah ini,”kenapa email konfirmasi reset password tidak dikirim ke email saya”,”saya telah mencoba berkali-kali tetapi kode konfirmasi password tidak dikirim ke email saya, tolong dong mas…” dan pertanyaan2 sejenis lainnya.

Saya sendiri ketika mencoba reset password facebook sedikit mengalami kendala, ya sama seperti teman-2 pesbuker diatas email konfirmasi tidak ada di inbox email saya. Kok bisa ya…jadi saya putuskan untuk menunggu besok hari.

Esok harinya saya memeriksa apakah kode konfirmasi password facebook sudah terkirim ke email dan ternyata belum juga. Hari kedua, ketiga, keempat, ternyata email tersebut juga belum terkirim.

Ada yang tidak beres nie…

Hari kelima saya periksa kembali email tersebut dan ternyata belum juga ada. Sebagai informasi saya menggunakan email di gmail, saya mencoba periksa email spam yang masuk dan ternyata email itu sudah dikirim 4 (empat) hari yang lalu (empat hari dari saat tulisan ini dibuat). Saya reset password tanggal 16 Desember 2009 dan email tersebut sampai di inbox email saya tanggal 17 Desember 2009.



Cara Reset Password Facebook

Nggak nyangka aja ternyata email konfirmasi untuk mengubah kata sandi facebook dikirimkan ke folder spam. Apakah anda juga begitu?

Okey, jika sudah mendapatkan email tersebut anda sudah bisa mereset password facebook, caranya? (ikuti langkah ini jika anda tanpa sengaja menutup tampilan pada Gambar 2 diatas)

Cari kode yang dibawah tulisan “Ini lah kode reset Anda, yang dapat Anda masukan di halaman reset kata sandi:”, lalu salin/copy kode tersebut.
Buka browser baru/tab baru lalu buka situs www.facebook.com, lalu klik Sudah punya kode konfirmasi?, maka tampilannya seperti pada Gambar 3 diatas.
Tulis email yg anda pakai sebagai username facebook dan paste kode konfirmasi kata sandi yang dari email, tampilannya akan terlihat seperti gambar berikut ini:


Gambar 4. Membuat Password Baru Facebook

Klik tombol Ganti Kata Sandi untuk mengganti password dengan password baru atau anda tetap bisa menggunakan password lama anda.
Selesai.
Ingat!!! Ternyata email konfirmasi facebook itu dikirimkan ke folder spam di email, jika belum mendapat email konfirmasi dari facebook maka sekarang Anda sudah tahu mau mencari dimana.

Semoga bermanfaat. Jika anda punya trik facebook yang lain coba share disini, saya yakin pasti akan bermanfaat buat teman2 pesbuker lainnya.

NB: Jika sudah terlalu lama melakukan reset password dan belum masukkan kode konfirmasi (Gambar 3) tersebut maka akan muncul pesan error “Expired Request”. Setelah 4 (empat) hari nggak bisa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Motor Ajudan Pribadi Ku

Motor Ajudan Pribadi Ku