Rabu, 04 Januari 2012

Penyerahan RAPBD Ditunda Januari 2012

Penyerahan RAPBD Ditunda Januari 2012
Jumat, 23 December 2011 00:00

RANAI- Rencana penyerahan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Natuna tahun 2011 yang sedianya dijadwalkan Desember, ditunda hingga Januari 2012. Rancangan RAPBD ini akan diserahkan oleh Bupati Natuna kepada DPRD Natuna. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra, kepada Haluan Kepri, Rabu (21/12).

Menurutnya, penundaan penyerahan RAPBD dikarenakan beberapa poin yang harus diperjelas di KUA (kebijakan umum anggaran), seperti pembangunan incluve civil, kantor DPRD Natuna, water fron city, lelang trayek kapal penyeberangan dan pabrik tapioka.

Beberapa hal penting tersebut kata Chandra harus ada kejelasan dan pertanggungjawaban yang kuat, seperti dibuatkan MoU antara bupati dan DPRD, sehingga tahun depan beberapa poin itu tidak lagi dibahas ulang melainkan tinggal dianggarkan saja. "Jadi, beberapa hal itu harus bisa diselesaikan tahun ini juga. Soalnya, proyek pembangunan tersebut dilaksanakan secara multiyears, sehingga dana yang dianggarkan pun akan diberikan setiap tahunnya dengan perencanaan yang sudah dibuat dan diikat ke dalam MoU," kata Chandra.

Adapun kisaran APBD Natuna tahun 2012 diperkirakan naik menjadi Rp1,3 triliun, dari sebelumnya tahun 2011 sebesar Rp1,1 triliun. Meskipun masih sementara, tetapi bisa diperkirakan pada saat pengesahan nantinya tidak jauh meleset dari nilai tersebut. "Ini masih asumsi saya, tetapi diperkirakan nilai APBD Natuna tahun 2012 mencapai Rp1,3 triliun," ujarnya.

Terkait ditundanya penyerahan RAPBD Natuna, Chandra mengaku untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan Midai tidak akan terganggu. Meskipun dana pelaksanaan MTQ tersebut menunggu pencairan APBD 2012.

"Sepertinya tidak terganggu, karena kita sudah rencanakan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten itu. Untuk anggaran yang akan disiapkan pada pelaksanaan MTQ nanti, kurang lebih Rp5,5 miliar," pungkas politisi Partai Golkar ini mengakhiri.(leh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Motor Ajudan Pribadi Ku

Motor Ajudan Pribadi Ku