Senin, 03 Mei 2010

Tips Perawatan Sepatu Khusus Pria

Tips Perawatan Sepatu Khusus Pria

Astaga!HidupGaya - Penampilan yang sempurna tak hanya dinilai dari pakaian saja, tapi juga sepatu sebagai alas kaki dan pelengkap busana. Karena itu sama seperti busana yang harus dirawat, demikian juga sepatu harus mendapat perawatan yang baik. Agar sepatu awet dan tetap nyaman dipakai, berikut tips perawatan yang perlu Anda simak.

1. Mengenakan sepatu tak terawat sama jeleknya seperti mengenakan baju yang kusut atau dasi bernoda. Padahal sepatu kulit yang disamak halus harganya lebih mahal dari kemeja dan dasi. Oleh karena itu luangkan waktu Anda untuk menyemir sepatu setiap hari.

2. Miliki beberapa pasang sepatu, minimal dua pasang sepatu untuk ke kantor, dua pasang untuk santai pada akhir pekan, dan sepasang untuk pesta malam. Bila Anda memakai sepatu yang sama setiap hari, kulit sepatu Anda akan menjadi lembab dan tidak memiliki kesempatan untuk 'bernafas'.

3. Bila Anda membeli sepatu baru, keluarkan dari kotaknya dan bersihkan debunya dengan lap flannel yang bersih. Setelah itu semirlah karena sepatu baru mungkin tidak diberi lapisan pelindung yang dibutuhkannya sehingga mudah tergores. Semir dapat melembabkan kulit sepatu Anda sekaligus melindunginya dari goresan.

4. Gunakan sekop kecil untuk memasukkan ganjalan khusus ke dalam sepatu. Ini untuk menjaga agar bentuk sepatu tetap baik dan mengurangi bekas lekukan-lekukan pada permukaan kulit sepatu. Bila Anda hanya memiliki sepasang ganjalan sepatu, gunakan pada sepatu yang baru saja Anda lepas dari kaki Anda.

5. Masukkan sepatu ke dalam kantung kain dan masukkan lagi ke dalam kotaknya pada waktu diletakkan di rak sepatu.

6. Sepatu yang lama tidak dipakai perlu dikeluarkan sesekali agar tidak menjadi lembab.

7. Pilihlah semir sepatu dalam bentuk krim, bukan semir cair. Semir berbentuk krim lebih melembabkan dan melindungi kulit.

8. Ketika menyemir sepatu, bukalah seluruh tali sepatu agar bagian lidah sepatu bisa disemir. Oleskan semir dengan sikat ke seluruh permukaan sepatu. Gosok sepatu dengan lap flannel yang lembab dan bersih. Dengan lap yang sama, oleskan semir sekali lagi. Bila tampak bercak-bercak pada sepatu, berarti semir kurang banyak atau lap Anda tidak bersih ketika akan dipakai. Gosok sepatu sekali lagi, terutama di bagian lekukan kulit sepatu. Setelah itu gosok dengan handuk kecil yang kering dan bersih. Sepatu Anda akan mengkilap seperti baru kembali.

9. Sepatu dari bahan kulit suede tidak perlu disemir. Ada perbersih khusus untuk kulit suede yang bisa dibeli di toko sepatu. Sikat kulit suede dengan sikat bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Motor Ajudan Pribadi Ku

Motor Ajudan Pribadi Ku