Selasa, 06 April 2010

10 Situs Terbesar di Indonesia : Facebook Kalahkan Google.co.id

10 Situs Terbesar di Indonesia : Facebook Kalahkan Google.co.id
Mei 20, 2009
tags: 10 situs tebesar, 10 situs utama, facebook, indonesia, nusantara news
by nusantaraku
Selama ini, mesin pencari Google untuk bahasa Indonesia selalu berada diurutan teratas sebagai situs yang paling banyak dakses oleh pengguna internet (netter) Indonesia. Dan minggu lalu popularitas pengunaan google.co.id masih diurutan 1 disusul Facebook #2, yahoo.com #3 dan google.com #4 yang dapat dilihat di situs Alexa.com. Tulisan saya rilis di artikel Kesuksesan Facebook dan Kegagalan Friendster (dan Yahoo). Kemudian pada tanggal 19 Mei 2009, saya cek kembali dan ternyata facebook sudah berada diposisi teratas mengalahkan traffic google berbahasa Indonesia. Popularitas facebook akan terus meningkat seiring waktu, karena pada awal Januari 2009, facebook hanya berada di posisi #6, jauh dibawah yahoo, google, blogger dan friendster. Dari puluhan ribu situs/website/blog yang ada, ternyata 8 situs populer di Indonesia merupakan situs “pendatang”.
Berikut daftar situs yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia :
No
10 Situs Terbesar (19 Mei 09)
Update 10 Situs Terbesar (19 Des 09)
1
Facebook
Facebook
2
Google.co.id
Google.co.id
3
Yahoo!
Google
4
Google
Yahoo!
5
Blogger.com
Blogger.com
6
Friendster
YouTube
7
YouTube
WordPress.com
8
WordPress.com
Kaskus (Indonesia)
9
Detik.com (Indonesia)
Detik.com (Indonesia)
10
Kaskus (Indonesia)
4shared
Note : Update terbaru 19 Desember 2009 (friendster keluar dari 10 besar, dan berada di peringkat 19)
Dari daftar 10 situs yang paling banyak diakses, ternyata 8 pertama adalah situs “pendatang”, hanya ada dua situs yang resmi didirikan dan dikelola oleh orang Indonesia, yakni kaskus dan detikcom. Kaskus dibuat oleh mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Amrik. Detail lebih lengkap, silahkan baca ini. Semakin tinggi traffic pengunjung dengan jumlah pengunjuk unik yang banyak akan membuat nilai situs tersebut menjadi sangat tinggi. Inilah yang dicari-cari oleh pengelola sebuah situs untuk “menjual” trafficnya kepada para calon pemasang iklan. Iklan bergambar dengan ukuran 100×100 piksel di detik.com mungkin dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta untuk durasi 1 minggu atau 1 bulan. Dan bisa dipastikan bahwa pendapatan iklan di facebook khususnya di Indonesia pun akan meningkat. Jadi, semakin banyak pengguna facebook (meskipun layanannya gratis), maka semakin besar pula pendapatan yang akan diperoleh oleh manajemen FB.
Meskipun facebook.com berada di urut nomor satu, namun jika kita menghitung situs google secara terintegrasi yakni google.co.id dan google.com, maka sebenarnya google masih berada di level tertinggi. Dan popularitas google selalu masuk 5 besar di setiap negara di dunia ini. Sehingga sangatlah wajar jika penghasilan sebuah perusahaan Google setara dengan 1/4 nilai APBN kita. Bisa dibayangkan bahwa perusahaan google dengan jumlah pekerja hanya sekitar 20.000 pekerja dapat meraup penghasilan hingga Rp 238 triliun pada tahun 2008 (kurs Rp 11000 per dollar).
******
Dengan jumlah pengguna internet Indonesia lebih dari 30 juta orang pada akhir 2008 [prediksi awal 2008], maka bisnis internet berbasis jejaring sosial, mesin pencari dan berita/forum merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bukanlah tidak mungkin bahwa Indonesia dapat memiliki situs sendiri menggantikan situs facebook maupun google. Saya bilang mungkin, karena di negara lain sudah membuktikan. Di China, 3 situs utama berasal dari China sendiri. Baidu merupakan mesin pencari buatan China dan menempati posisi #1 mengalahkan google berbahasa China. Begitu juga facebook tidak masuk dalam jajaran 50 besar situs China. China telah menunjukkan kepada dunia bahwa kemandirian dan kemampuan masyarakat Asia dapat bersaing dengan Barat. Terlebih salah satu kekuatan ekonomi terbesar yang resistan terhadap krisis adalah negara “tirai bambu”.
Berikut daftar 10 situs utama di dunia:
No
10 Situs Terbesar (19 Mei 09)
Update 10 Situs Terbesar (20 Des 09)
1
Google
Google
2
Yahoo!
Facebook
3
YouTube
Yahoo!
4
Facebook
YouTube
5
Windows Live
Windows Live
6
Microsoft Network (MSN)
Wikipedia
7
Wikipedia
Blogger.com
8
Blogger.com
Baidu.com
9
Baidu.com
Microsoft Network (MSN)
10
Myspace
Yahoo Jepang
Dari 10 situs terbesar dunia, hanya 1 situs yang asli dari Asia yakni Baidu.com. Mampukah Indonesia memiliki situs yang masuk 10 situs terbesar di dunia? Jangankan 10 besar dunia, mampukah kita mengalahkan google dan facebook di Indonesia? Mampukah kita menjadi tuan di negeri sendiri dalam dunia maya? Semoga kita bisa….
Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-10120 Mei 2009, ech-nusantaraku
Update 19 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Motor Ajudan Pribadi Ku

Motor Ajudan Pribadi Ku